Midsoles – EVA versus PU

Saat memutuskan sepatu lari mana yang akan dibeli, midsole mungkin merupakan properti terpenting dari sepatu tersebut. Anda tidak dapat melihat bagian tengah (itu terjepit di antara bagian luar dan bagian dalam), tetapi sebagian besar bertanggung jawab untuk membasahi kaki Anda, lutut, pinggul dan seluruh tubuh setiap kali kaki Anda menyentuh tanah. Ini juga dapat membantu meningkatkan stabilitas kaki dan mencegah kondisi seperti overpronation (ketika kaki Anda menggelinding terlalu jauh ke dalam) atau di bawah pronasi (jika kaki Anda tidak cukup menggulung), yang terkait dengan kaki datar dan lengkungan tinggi.

Midsoles umumnya terbuat dari dua bahan dasar: EVA dan PU.

EVA adalah singkatan dari ethylene vinyl acetate. Ini bukan plastik atau karet tetapi busa. Setiap midsole terdiri dari ribuan gelembung busa yang bertindak seperti sel. Masing-masing gelembung busa ini diisi dengan gas. Hasilnya adalah bahan yang ringan dan fleksibel. Setiap kali Anda mengenakan EVA midsole, sepatu Anda sedikit bernafas. Gas didorong keluar dan kemudian dikembalikan segera setelah kaki Anda meninggalkan tanah.

PU juga sejenis busa. Itu singkatan dari poliuretan. Bahannya lebih berat daripada EVA dan umumnya kurang disukai oleh pelari karena kepadatannya. Yang mengatakan, PU cenderung lebih baik daripada EVA. Seiring waktu, gelembung udara yang membuat EVA midsoles ringan dan elastis untuk awalnya, secara permanen kehilangan sebagian udara mereka. PU memberikan sedikit ketahanan pada awalnya, tetapi ketahanannya membutuhkan waktu lebih lama.

Beberapa sol dibuat dengan kombinasi dua sol. Desain klasiknya adalah menempatkan PU di bagian luar (di mana sepatu mendapat tekanan paling besar) dan kemudian mempertahankan inti EVA.

Selain midsole, Anda juga ingin memeriksa fitur sepatu lainnya dengan cermat. Sehubungan dengan outsole, biasanya paling penting untuk memeriksa kualitas daya tarik yang ditawarkan. Fungsi yang harus diperhatikan dengan sol termasuk sandaran kaki dan footbeds yang telah dibentuk sebelumnya.

Teka-teki untuk orang bijak: sering kali perusahaan sepatu menggunakan istilah khusus atau & # 39; logo perusahaan & # 39; ketika saatnya untuk mengiklankan istilah-istilah sederhana ini. Misalnya, Asic's Speva (TM) sebenarnya cara yang bagus untuk mengatakan EVA (mis., SpEVA). Kebanyakan sepatu lari berkualitas lebih suka EVA daripada PU, atau kombinasi keduanya. Anda mungkin tidak akan menemukan terlalu banyak PU midsoles kecuali jika Anda berbelanja di bagian vintage.



Source by Jane Baron